Jumat, 15 April 2011

PIDATO danTANGGAPANNYA (PENGARUH INTERNET)

ISI PIDATO

Segala puji bagi Allah yang Maha Pengampun segala dosa, Penerima Taubat dan Yang sangat berat Siksaan-Nya, shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi kita Muhammad, juga atas para keluarga dan sahabatnya, amma ba'du:
Kepadamu wahai saudaraku .. kepadamu wahai pengguna internet kepadamu aku hadiahkan makalah ini dalam beberapa kalimat singkat, dan nasehat pendek yang aku paparkan untuk anda dalam beberapa renungan, dan saya meminta kepada Allah  agar ia menjadi bermanfaat untukku dan untukmu juga.. Allahumma amin.
Dimaksud disini adalah para da'i yang mengajak kepada jalan Allah dan dia yang bisa mengedepankan sesuatu untuk berkhidmah terhadap agama ini dari para penuntut ilmu, ulama serta mereka yang menjauhkan dirinya dari fitnah… bukan bagi mereka yang menginginkan hiburan dan berselancar di internet dengan berlebihan. Sesungguhnya kehadiran kita yang Islami pada jaringan ini sangat lemah sekali, tentu saja ini merupakan suatu yang menyedihkan jika dibandingkan bahwa kita ini sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk manusia, sesungguhnya dunia ini dipenuhi oleh kejahatan dan kerusakan, dan dia hidup dalam keadaan jiwa yang kosong, tanpa diragukan lagi.
Dunia hidup tanpa peraturan, kasih sayang dan tidak pula persaudaraan.. apabila agama kita, agama Islam, adalah agama yang Allah Ta'ala turunkan kepada Rasul-Nya Muhammad saw, dan dijadikan oleh-Nya menjadi agama yang tidak akan diterima selainnya, sebagaimana firman Allah: "Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam" [QS. Ali Imran: 19], serta firman-Nya: "Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya" [QS. Ali Imran: 85], maka sudah merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk melaksanakan apa yang diwajibkan atas kita untuk menyampaikan agama ini dan menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia… juga menggunakan seluruh fasilitas yang tersedia dalam menyampaikan agama ini, karena kita diperintahkan untuk menyampaikan agama ini dan menyebarkannya, Allah berfirman: "Agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia" [QS. Al-Baqarah: 143]. Dalam permasalahan ini tidak ada tempat untuk menghindar dan tidak ada pula kesempatan bagi kita untuk meninggalkannya, apabila kita memiliki keinginan untuk meninggikan agama ini dan juga menyebarkannya dengan jalan yang benar diantara umat manusia. Untuk itu diperlukan strategi, peraturan dan penyusunan acara untuk merealisasikan tujuan yang ditujukan kepada kita semua tersebut, yaitu menyebarkan agama Islam dengan cara yang jelas… dengan petunjuk Al-Qur'an dan sunnah Nabawi yang benar. Kenyataan menunjukkan bahwa sesungguhnya umat manusia ini dalam keadaan haus untuk mengetahui hakekat dari Islam ini, bahkan banyak pula diantara mereka yang memeluk Islam melalui internet.. inilah salah satu dari mereka yang mengirim sebuah surat kepada dia yang menjadi lawan perbincangannya tentang Islam, yang diantaranya berisi: [inilah diriku telah masuk Islam dan memberi kabar kepada anda agar ikut merasa bahagia bersamaku]. Yang lain berkata: [saya ingin memeluk Islam dan menggeluti permainan bola basket, apakah Islam bertentangan dengan basket?] yang ketiga berkata: [saya ingin memeluk Islam akan tetapi merasa takut untuk tidak dapat menunaikan shalat di kantor tempatku bekerja].. yang keempat berkata: [saya dari Kolombia sedangkan 70% dari Kolombia adalah pemakai narkoba, saya telah menerjuni narkoba dan ingin memeluk Islam, maka apakah kedudukan Islam terhadapku?] dan masih banyak lagi dari surat-surat yang memerlukan jawaban ringan agar penulisnya dapat masuk Islam.


Allah berfirman: "Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu" [QS. Ash-Shaaffaat: 96] dan firman-Nya: "Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya" [QS. Al-'Alaq: 5], dan dari Abu Hurairah ra: telah bersabda Rasulullah saw:
" لا تقوم الساعة حتى تظهر الفتن ويكثر الكذب وتتقارب الأسواق ويتقارب الزمان " وفي رواية "ويقترب الزمان ويكثر الهرج, قال: القتل "
"Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga tampak terlihat berbagai fitnah, semakin banyak kedustaan, pasar menjadi berdekatan dan zamanpun berdekatan" dalam riwayat lain: "zaman menjadi berdekatan dan semakin membanyaknya al-haroj", [beliau berkata: pembunuhan] [HR. Ahmad]. Berkata Samahatus syeikh Abdul Aziz bin Baz dalam memberikan ta'lik (catatan) tentang kata: "berdekatannya zaman" yang disebutkan dalam Hadits tersebut: ia ditafsirkan dengan apa yang telah terjadi pada masa kini dari berdekatannya kota dan daerah, juga pendeknya jarak tempuh yang disebabkan oleh adanya penemuan pesawat terbang, mobil, radio dan lain sebagainya
Saudaraku yang mulia: jika anda bandingkan apa yang berada dalam Hadits tersebut dari berdekatannya zaman dan berdekatannya pasar, niscaya anda akan mendapatkan bandingannya dengan apa yang ada di internet, terutama jika kita ketahui bahwa sebagian dari website mengandung (350 ribu) jenis barang yang dapat anda lihat seluruhnya, hanya dengan menuliskan alamat website tersebut dan menelephonnya, ini merupakan sebuah bukti akan dekatnya hari kiamat, juga telah terjadinya kebanyakan dari tanda-tanda kiamat sughra (kecil).
Diantara Hadits-Hadits yang dikabarkan kepada kita dari Rasulullah  bahwasanya akan terjadi tanda-tanda hari kiamat sughra adalah sabda beliau yang diriwayatkan oleh Anas ra: "Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat .. (beliau sebutkan diantaranya) dan akan tampak perzinahan!" [HR. Bukhori & Muslim]. Begitulah kita dapati di internet akan tersebarnya perzinahan dan keterus terangannya, apabila kita ketahui bahwasanya disana terdapat (455 ribu) website yang menyiarkan pelacuran dan pornografi dari sela-sela jaringan laba-laba dari seluruh dunia… dan kita ketahui pula tentang tersebarnya jaringan ini, menurut perhitungan terakhir bahwa anggotanya telah mencapai (211 juta) jiwa, dan ini menunjukkan betapa pesatnya penyebaran jaringan ini..








TANGGAPAN CERAMAH di atas :

Pertama: Apabila anda merasa tidak membutuhkan jaringan ini hendaklah anda berlepas diri darinya dan janganlah membiarkan anak-anak anda untuk pergi ke warnet.
Kedua: apabila anda termasuk yang terpaksa untuk menggunakannya, maka bagi anda beberapa nasehat berikut ini:
1- Janganlah anda serahkan jaringan ini kepada anak-anak serta mereka yang baru menginjak usia puber, karena ini sangat berbahaya sekali dan tidak mungkin untuk diridhoi oleh seorang Muslim.
2- Wajib untuk membatasi penggunaan jaringan ini bagi dia yang mengambil manfaat saja, diantara apa yang bermanfaat adalah: pemanfaatan untuk kepentingan syari'at (dakwah – menyebar ilmu), juga bagi mereka yang menggunakan untuk kepentingan skripsi S2, S3 dan kedokteran dst. Sebagaimana juga berkewajiban untuk melarang siapa saja yang ingin menggunakannya untuk: mengisi waktu luang, untuk menunjukkan kemampuannya dalam menemukan suatu website, hanya ingin tahu, hobi meneliti, dlsb.
3- Pergunakanlah internet untuk mencari website-website Islami yang berakidahkan dan bermanhaj shahih, serta mengambil manfaat darinya.
4- Janganlah anda tertipu oleh setan yang menghiasi anda agar berlangganan internet dengan dalih untuk berdakwah kepada Allah sedangkan anda sendiri merasa tidak yakin atas apa yang dikatakannya. Apabila anda ingin mengetahui kenapa anda berlangganan internet? Maka lihatlah kepada website-website yang anda kunjungi, dan apa yang terbanyak darinya? Apakah itu website islami ataukah yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar